Tepat sepuluh tahun
lalu, 12 tahun sejak Michael Dell merakit dan menjual PC Compatible dari asrama
universitasnya, Dell menjadi perusahaan pembuat komputer terbesar ke-3 dengan
nilai $13.6 Milyar dolar. Dengan jumlah karyawan sekitar 17.800 orang,
pendapatan per karyawannya sekitar $764.045! Tahun ini, 22 tahun semenjak
memulai bisnisnya, Dell tetap bertahan pada Model Bisnis awalnya: memenuhi
kebutuhan pelanggan dengan menjualnya langsung kepada mereka, dengan spesifikasi
yang mereka inginkan. Tahun 1995 Dell menstransformasikan Model Bisnis tersebut
ke pasar yang lebih global: internet!
Ada beberapa faktor
yang mendukung sukses Dell Computer. Pertama tentunya adalah komitmen untuk
mentargetkan penjualan ke pelanggan yang tepat. Kedua, membantu pelanggan
membantu dirinya sendiri, ketiga menyelaraskan proses bisnis yang berdampak
pada pelanggan dan mengerti benar pengalaman pelanggan secara total, dan
keempat, menggunakan teknologi yang tepat untuk mendukung ketiga faktor sukses
di atas.
Dell Computer mulai
hadir di internet pada awal tahun 1995. Situs ini didisain hanya oleh beberapa
orang Dell dan umumnya hanya memberikan informasi pendukung bagi call center
mereka. Dengan cepat situs ini berkembang dan pada bulan Oktober tahun yang
sama, mereka mulai menambahkan aplikasi interaktif berupa quote generator atau
penghitung harga otomatis. Pelanggan tinggal memilih dan mengkonfigurasi
sendiri PC yang akan mereka beli dan situs Dell menghitung harganya. Awal 1996
Dell makin sadar akan pentingnya web sehingga perlu menunjuk secara khusus
Scott Eckert, Manajer Pemasaran Senior dan John Hatchett staff teknisi untuk
melakukan riset dan mengembangkan teknologi pemesanan online yang terintegrasi
dengan sistem manufakturnya. Puncaknya, pada bulan Juli tahun 1996 Dell Online
dibentuk sebagai satu divisi terpisah dengan Eckert sebagai Direkturnya.
Pada kwartal pertama
tahun 1998 Dell Online memperoleh kunjungan 1,5 Juta pelanggan tiap minggunya.
400,000 di antaranya melakukan pencekan status pembelian mereka. Pada kwartal
kedua tahun tersebut pendapatan dari penjualan komputer dan alat-alat lain tiap
hari melalui website mencapai 6 juta dolar.Hebatnya lagi, umumnya pembelian
online terjadi dengan konfigurasi sistem yang lebih mahal dibanding sistem yang
dijual melalui telepon. Sepertinya pelanggan lebih merasa nyaman mengatur
sendiri sistemnya dan tidak terlalu merasa tertekan oleh tenaga penjual untuk
merogoh kocek lebih dalam.
** Keberhasilan DELL karena pemanfaatan TI dalam bidang pemasaran dan komitmen DELL(memprioritaskan pelanggan), yaitu: Pertama tentunya adalah komitmen untuk mentargetkan penjualan ke pelanggan yang tepat. Kedua, membantu pelanggan membantu dirinya sendiri, ketiga menyelaraskan proses bisnis yang berdampak pada pelanggan dan mengerti benar pengalaman pelanggan secara total, dan keempat, menggunakan teknologi yang tepat untuk mendukung ketiga faktor sukses di atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar